Selamat Datang Diwebsite Resmi Desa Karangbawang, MAJU DESANE MAKMUR WARGANE

Artikel

INFO GRAFIKS APBDes DESA KARANGBAWANG

01 September 2023 13:43:49  MAHRUP  61 Kali Dibaca  Penguatan Kualitas Pelayanan Publik

Info Grafik APBDES adalah visualisasi data yang digunakan untuk menggambarkan informasi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) dalam bentuk grafis, seperti diagram batang, lingkaran, atau garis. APBDES adalah anggaran yang digunakan oleh desa-desa di Indonesia untuk mengelola pendapatan dan belanjanya. Grafik APBDES dapat memberikan gambaran yang lebih mudah dimengerti tentang bagaimana dana desa digunakan dan didistribusikan.

Berikut adalah beberapa informasi yang biasanya digambarkan dalam grafik APBDES:

  1. Pendapatan Desa: Grafik dapat menunjukkan sumber-sumber pendapatan desa, seperti Dana Desa (DD), Pendapatan Asli Desa (PADes), hibah, dan sumber pendapatan lainnya. Ini membantu mengidentifikasi dari mana desa mendapatkan uang untuk operasionalnya.

  2. Belanja Desa: Grafik dapat memperlihatkan sektor-sektor atau program-program yang mendapatkan alokasi dana dari APBDES. Ini mencakup infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, dan sektor lainnya.

  3. Proporsi Belanja: Grafik dapat mengilustrasikan persentase alokasi belanja untuk masing-masing sektor atau program. Ini membantu dalam memahami prioritas penggunaan dana desa.

  4. Perubahan dari Tahun ke Tahun: Jika ada data untuk beberapa tahun, grafik APBDES juga dapat menunjukkan perubahan dalam alokasi dana desa dari tahun ke tahun. Ini dapat membantu dalam melacak tren pengeluaran desa.

  5. Rincian Anggaran: Grafik dapat memberikan rincian lebih lanjut tentang pengeluaran di dalam setiap sektor atau program, sehingga lebih mudah untuk memahami bagaimana dana digunakan secara spesifik.

  6. Sumber Dana: Jika ada sumber-sumber pendapatan yang berbeda (misalnya, DD dan PADes), grafik dapat memperlihatkan proporsi masing-masing sumber pendapatan dalam total APBDES.

  7. Evaluasi Kinerja: Grafik APBDES juga dapat digunakan untuk menilai kinerja desa dalam mengelola dan mengalokasikan dana, apakah sesuai dengan kebutuhan dan prioritas masyarakat setempat.

Grafik APBDES bisa sangat bermanfaat dalam komunikasi informasi mengenai anggaran desa kepada masyarakat desa dan pemangku kepentingan lainnya. Ini juga dapat membantu dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana desa. Dengan visualisasi yang jelas, orang dapat lebih mudah memahami bagaimana dana desa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kualitas hidup di desa tersebut.

Unduh Lampiran:
Dokumen Info Grafis Desa Karangbawang

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Sapunagara,karangbawang,Rembang Purbalingga
Desa : Karangbawang
Kecamatan : Rembang
Kabupaten : Purbalingga
Kodepos : 53356
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:247
    Kemarin:714
    Total Pengunjung:122.568
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.16.1.1
    Browser:Tidak ditemukan