Selamat Datang Diwebsite Resmi Desa Karangbawang, MAJU DESANE MAKMUR WARGANE

Artikel

Dokumen Musdus Tahun 2022

16 September 2023 17:32:51  WOTO YUNANTO  46 Kali Dibaca  Penguatan Partisipasi Masyarakat

"MUSDUS" adalah singkatan dari Musyawarah Desa. Musyawarah Desa adalah forum pertemuan dan pengambilan keputusan di tingkat desa yang melibatkan partisipasi aktif seluruh warga desa atau perwakilan mereka. Forum ini sangat penting dalam konteks pemerintahan desa karena di dalamnya dibahas berbagai isu dan program pembangunan desa serta diadakan pemilihan kepala desa.

Dalam sebuah Musyawarah Desa (MUSDUS), warga desa atau perwakilan mereka berdiskusi tentang berbagai hal seperti anggaran desa, perencanaan pembangunan, masalah-masalah sosial, dan tindakan-tindakan yang perlu diambil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Salah satu agenda utama MUSDUS biasanya adalah pemilihan kepala desa atau kepala pemerintahan desa yang baru.

MUSDUS biasanya diatur dan diawasi oleh Badan Perwakilan Desa (BPD) atau lembaga serupa di berbagai negara. Proses musyawarah ini didasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi partisipatif dan memberikan warga desa suara dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi kehidupan mereka.

Setelah mencapai kesepakatan dalam Musyawarah Desa, hasil kesepakatan dan keputusan dijadikan dasar untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan program-program pembangunan desa lainnya. Dengan demikian, MUSDUS merupakan alat penting dalam mengembangkan desa dan mengatasi masalah-masalah lokal.

<button class="flex ml-auto gap-2 rounded-md p-1 hover:bg-gray-100 hover:text-gray-700 dark:text-gray-400 dark:hover:bg-gray-700 dark:hover:text-gray-200 disabled:dark:hover:text-gray-400"></button>
 

Unduh Lampiran:
Dokumen Musdus Tahun 2022

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Sapunagara,karangbawang,Rembang Purbalingga
Desa : Karangbawang
Kecamatan : Rembang
Kabupaten : Purbalingga
Kodepos : 53356
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:450
    Kemarin:565
    Total Pengunjung:130.952
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.16.1.1
    Browser:Mozilla 5.0